KK-KTP-AKTE KELAHIRAN

Kartu Keluarga (KK) Baru/Perubahan

  • mengisi formulir permohonan secara lengkap diketahui oleh RT, Lurah dan Camat (wajib bagi pengurusan KK Baru)
  • melampirkan bukti-bukti dukung seperti fotokopi Akta, Ijazah, Buku Nikah dll
  • Mengembalikan KK lama (bila perbaikkan KK)
  • membawa surat keterangan pindah WNI dari Disdukcapil asal (apabila mutasi dari kabupaten/kota lain)
  • surat keterangan laporan kehilangan (apabila KK hilang)
  • Pemohon mengambil nomor antrian
  • Pemohon diterima dengan ramah dan penuh tanggungjawab oleh petugas
  • Petugas melakukan verifikasi dan validasi kelengkapan berkas
  • Apabila berkas lengkap, petugas meregister dan memberikan tanda terima berkas
  • Petugas mencatat dalam Buku BK-1.05 (Buku Harian Peristiwa Penduduk)
  • Jika berkas tidak lengkap, maka dikembalikan kepada yang bersangkutan untuk dilengkapi
  • Operator pendaftaran penduduk melakukan entri data dan mencetak kartu keluarga dan paraf hasil cetak
  • Kepala seksi identitas penduduk melakukan koreksi dan paraf hasil cetak KK
  • Kepala Disdukcapil menandatangani Kartu Keluarga
  • Petugas loket pengambilan melakukan stempel Dinas dan meyerahkan Kartu Keluarga kepada pemohon

6 Hari kerja

Proses di Desa 1 hari kerja

Proses di Kecamatan 2 hari kerja

Proses di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil maksimal 3 hari kerja

Rp. 50.000,-

Jika pengurusan KK lebih dari 30 hari (terlambat) dikenakan sanksi denda administrasi Rp. 50.000,-

Perekaman KTP Elektronik

  • Fotocopy KK/Surat Keterangan
  • Berusia 17 tahun atau sudah pernah menikah
  • Pemohon mengambil nomor antrian
  • Pemohon diterima dengan ramah dan penuh tanggungjawab oleh petugas
  • Petugas melakukan verifikasi dan validasi kelengkapan berkas
  • Jika berkas lengkap, petugas meregister dan memberikan tanda terima berkas
  • Petugas mencatat dalam Buku BK-1.05 (Buku Harian Peristiwa Kependudukan)
  • Jika berkas tidak lengkap, maka berkas dikembalikan untuk dilengkapi
  • Kasi Identitas Penduduk melakukan verifikasi dan paraf pada berkas pemohon
  • Operator Dafduk melaksanakan proses perekaman KTP elektronik
  • Petugas loket pengambilan memberikan surat keterangan kepada pemohon
1 Hari kerja

Proses di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil maksimal 1 hari kerja

  • Perkamanan KTP eletronik

Pelayanan Akta Kelahiran

  • Surat kelahiran dari dokter/bidan/desa asli
  • Fotocopy Surat kawin/surat cerai orangtua/SPTJM Suami Istri (dilegalisir/ dibawa aslinya)
  • Fotocopy Kartu Keluarga (KK)
  • Fotocopy KTP orangtua/Wali Pelapor
  • Fotocopy KTP Saksi kelahiran 2 (dua) orang
  • Pemohon mengambil nomor antrian.
  • Pemohon diterima dengan ramah dan penuh tanggung jawab oleh petugas
  • Pemohon mengisi dan menandatangani serta menyerahkan Permohonan Pendaftaran Akte Kelahiran beserta persyaratannya.
  • Petugas memverifikasi permohonan pendaftaran akte kelahiran dengan persyaratan yang di lampirkan
  • Petugas memberikan paraf pada permohonan akte kelahiran yang telah memenuhi persyaratan.
  • Petugas mengembalikan permohonan akte kelahiran yang tidak memenuhi persyaratan.
  • Bendahara penerimaan mencatat permohonan pendaftaran akte kelahiran yang memenuhi persyaratan ke dalam buku besar.
  • Bendahara penerimaan menyerahkan bukti penerimaan sebagai tanda bukti untuk pengambilan akte kelahiran.
  • Opertor pencatatan sipil melakukan entri data dan mencetak kutipan dan register akte kelahiran
  • Operator memberikan paraf pada kutipan dan register akte kelahiran untuk diserahkan kepada kasi atau kabid dibidang pelayanan pencatatan sipil.
  • Kasi atau kabid dibidang pelayanan pencatatan sipil melakukan koreksi, verifikasi dan paraf hasil cetak kutipan dan register akte kelahiran yang telah memenuhi persyaratan.
  • Permohonna pendaftaran akte kelahiran yang tidak memenuhi persyaratan diserahkan kepada petugas verifikasi untuk dikompilasi dan untuk dilengkapi.
  • Kepala Disduk Capil menandatangani Kutipan dan register akte kelahiran.
  • Petugas loket pengambilan melakukan stempel Dinas dan menyerahkan kutipan akte kelahiran kepada pemohon.
  • Pemohon menandatangani buku register akte kelahiran yang telah di tandatangani oleh Kepala Dinas
3 Hari kerja

Jangka Waktu Pengurusan Akta Kelahiran di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil maksimal 3 (tiga) hari kerja (berkas lengkap)

Rp. 50.000,-

Pelaporan lebih dari 60 hari (terlambat) dikenakan sanksi denda administrasi bagi WNI Rp. 50.000,- dan bagi WNA Rp. 100.000,-

  • AKTA KELAHIRAN

Dinas Kependuddukan dan Pencatatan Sipil

Jl. Tondonegoro No. 3 Pati

(0295)386260

WA/Telp.  :  081 335 341 313

Email           :  disdukcapilpatibisa@gmail.com

Fb                 :  disdukcapilpatibisa

Twitter :  @disdukcapilpatibisa